Menaikkan/Mempercepat Performa Komputer Dengan Overclock

Melakukan Overclock pada Komputer

Pernah mendengar istilah 'Overclock'? Overclock adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mendapatkan performa komputer yang lebih tinggi dengan membuat prosessor komputer anda bekerja lebih kuat/ hingga maksimal. Ada kelebihan serta kekurangan dari overclock.


Apa itu Overclock?

Overclock itu adalah proses mempercepat kecepatan komputer anda dengan mengatur kecepatannya melalui BIOS anda. Misalnya kecepatan komputer anda yaitu 2.3 GHz,melakukan overclock yaitu menaikkannya menjadi 2.6 GHz atau pun sampai 3.0 GHz untuk mendapatkan performa yang lebih maksimal.

Mengapa Lakukan Overclock?

        Dengan melakukan overclock,anda akan mendapatkan performa komputer yang lebih cepat daripada seperti biasanya, dan tidak banyak yang berhasil melakukan overclock yang sempurna karena untuk mencapai tingkat overclock yang pas, anda harus tepat dalam mengatur kekuatan komputer anda, tidak lebih dan tidak kurang.

Alasan untuk tidak melakukan Overclock

        Ya, anda melihat tulisan itu dengan benar, direkomendasikan untuk tidak melakukan overclock jika anda belum 'familiar' terhadap komputer. Karena jika anda melakukan overclock secara asal - asal-an, alhasil komputer anda semakin melambat atau pun tidak dapat digunakan lagi karena bagian dalamnya sudah rusak.
         Dengan menaikkan kecepatan cpu anda sebesar 300 MHz itu dapat merubah cara kerja komputer anda,sehingga jangan terlalu ceroboh mengatur kecepatan komputer anda. Overclock juga membutuhkan energi listrik yang besar,sehingga jika rumah anda arus listriknya tidak terlalu kuat,ketika melakukan overclock anda dapat menurunkan listrik anda (ini jarang terjadi,tapi masih kemungkinan)

Comments