TIPS HP ANDROID: Cara Mempercepat Performa Android

Cara Mempercepat Performa HP Android yang Mulai Melambat

Perangkat Android memang memiliki kecenderungan akan menjadi lambat seiring berjalannya waktu dan tingkat pemakaiannya. Penggunaan berkepanjangan juga dapat menurunkan performa perangkat secara signifikan.

Ada beberapa tips kecil yang dapat membantu anda dalam mengatasi masalah ini.

Hapus dan Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Perlu

Tentu, ada banyak sekali applikasi yang kita punya. Terlebih lagi, aplik
asi yang tidak jelas kegunaannya terkadang berjalan di latar belakang, hal ini tentu saja mempersempit kapasitas RAM dan menguras daya baterai secara terus menerus karena aplikasi yang berjalan dilatar belakang juga memerlukan kinerja CPU.

Bersihkan Cache Data

Cache berfungsi untuk mempercepat pengolahan data dengan menyimpan data. Cache tersebut lama kelamaan pastinya akan memenuhi memori penyimpanan internal. Untuk itu, kita bisa menghapusnya dengan berbagai aplikasi, Contohnya yaitu CCleaner.

Bersihkan ruang penyimpanan internal


Mengisi memori internal dengan banyak musik, foto, maupun video juga dapat menurunkan performa. Seleksi file yang butuhkan dan yang harus di simpan di perangkat dan jangan simpan terlalu banyak file kedalam perangkat jika file tersebut tidak memiliki alasan yang cukup kuat untuk di simpan di perangkat Android.

Singkirkan Widget dari home screen


Widget dapat menjadi penguras daya baterai dan memori, serta juga dapat memperlambat perangkat anda karena Widget juga memerlukan ruang di memori RAM dan kinerja dari CPU. Namun bukan berati kita harus menyingkirkan semua widget, gunakan widget sesuai kebutuhan, semisal widget cuaca dan kalender yang dibutuhkan untuk mendapatkan info secara praktis.

Buang Live Wallpaper

Penggunaan live wallpaper memakan kinerja CPU dan RAM yang cukup tinggi, ini juga dapat berpengaruh terhadap daya tahan baterai yang semakin cepat terkuras. Cobalah untuk memilih Wallpaper biasa dengan warna yang tidak begitu cerah namun tetap memiliki daya tarik.

Usahakan perangkat Anda mendapat software yang terbaru

Seringkah Anda mengabaikan pembaruan software sehingga notifikasi sering muncul di status bar Anda? Pembaruan software tidak selalu melulu membawa fitur baru, kebanyakan dari pembaruan OTA adalah memperbaiki bug dan menningkatkan kinerja perangkat Android. Jadi, pastikan perangkat Anda selalu mendapatkan software yang terbaru.

Itulah beberapa tips singkat mengenai HP ANDROID yang anda bisa terapkan jika performa Android anda menurun. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar ;)

Comments